Berkah Idul Fitri, 3 Dosen UNH Lolos Pendanaan PKMS Kemendikbudristek

Unhanews. Momen idul fitri di samping menjadi ajang untuk saling memaafkan juga menjadi berkah tersendiri bagi sivitas akademik UNHA. Tiga dosen berhasil lolos pendanaan PKMS (Pengabdian Kepada Masyarakat) Kemendikbudristek dengan Skema Program Kemitraan Masyarakat Stimulus, Selasa (10/5).

Ada 778 judul proposal yang berhasil lolos pendanaan Kemendikbudristek dengan Skema Program Kemitraan Masyarakat dan Skema Program Kemitraan Masyarakat Stimulus. Dengan persaingan yang cukup kompetititf tersebut, akhirnya Tim Dosen UNHA berhasil lolos. Tiga dosen yang berhasil lolos tersebut yakni:

  1. Dr. Arini Rosa Sinensis, M.Pd, Dosen Program Studi Pendidikan Fisika dengan jusul proposal “Implementasi Augmented Reality (AR) untuk Optimalisasi Gadget dalam Meningkatkan Literasi Digital Guru-Guru di SMP Negeri 3 BP Peliung”.
  2. Dwi Andriani, M.Pd, Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dengan judul proposal “English Course Menggunakan Media Audio Visual Animasi 2D Pada Siswa Pendidikan Dasar di Pondok Pesantren Nurul Huda”.
  3. Hastuti Retno Kuspiyah, M.Pd, Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dengan judul proposal “Pendampingan Pembuatan Video Animasi 2D sebagai Upaya Melestarikan Manuskrip Nusantara Pada Siswa SMP Muhammadiyah 2 Karang Tengah”.

Salah satu dosen saat dihubungi melalui seluler, Dr. Arini mengungkapkan perasaan senang dan bangganya karena UNHA baru pertama kali lolos untuk Pendanaan Hibah PKMS.

“Ini perdana lo ya untuk hibah PKMS, kalau untuk hibah penelitian kan Alhamdulillah kita sudah beberapa kali mendapatkan kesempatan itu” ujar dosen alumni S3 UPI.

Dosen yang familiar disapa Doktor Oca tersebut menambahkan bahwa dosen UNHA tidak kalah dengan dosen-dosen dari kampus swasta lainya. Kualitas terus ditingkatkan dan mampu bersaing di tingkat nasional, ini dibuktikan dengan dosen UNHA yang selalu lolos dalam Program Simlitabmas Kemendikbudristek.

“Ini pertama kalinya untuk Prodi Pendidikan Fisika baru tahun 2022 inilah bisa lolos hibah, baik PKM atau PDP. Semoga menandakan awal yang baik untuk dosen Prodi Pendidikan Fisika yang selalu inovatif dan terbuka untuk berkolaborasi” imbuh Doktor Oca.

Sementara Ketua LPPM, Widayanti, M.Pd menyampaikan harapannya kedepan banyak dari dosen UNHA yang lolos hibah penelitian maupun pengabdian kepada msyarakat. LPPM akan terus memberikan motivasi, pendampingan dan pengarahan persiapan proposal sehingga jumlah pendanaan selanjutnya dapat bertambah dan tingkat kluster perguruan tinggi meningkat. (Rm)

Leave a Reply