Alamat Kampus A & B: Jl. Kota Baru, Sukaraja, Buay Madang, OKU Timur
Alamat Kampus C: Jl. Tanah Merah Jembatan 2, Tanah Merah, Belitang Madang Raya, OKU Timur

Prodi PBSI Adakan Kegiatan Mancakrida dan Pelatihan Mendeley

UnuhaNews. Geliat aktivitas mahasiswa Unuha semakin gencar dilaksanakan mulai dari seminar maupun pelatihan. Seperti yang telah diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Nurul Huda yang baru saja melaksanakan Pelatihan Penulisan Skripsi, Penggunaan Aplikasi Mendeley dan Kegiatan Mancakrida, Sabtu (28/5).

Narasumber saat penyampaian materi

Pelatihan berlangsung dari mulai pukul 08.00 sampai 15.30 WIB di kampus C Universitas Nurul Huda yang diikuti lebih dari 90 mahasiswa Prodi PBSI. Indah Sulmayanti, M.Pd. salah satu dosen Prodi PBSI yang ditunjuk sebagai Ketua Panitia mengatakan bahwa tema yang diusung dalam pelatihan yakni “Mahir Menulis Skripsi dengan Aplikasi Mendeley serta menjalin Keakraban Mancakrida.

Narasumber dan Panitia foto bersama

Sesi pertama pertama diisi dengan materi tentang Bedah Panduan Penulisan Skripsi yang disampaikan oleh Suryani, M.Pd. Beliau memberikan arahan dalam penulisan skripsi, memberikan tips dan trik serta memotivasi mahasiswa prodi PBSI baik yang sedang menyusun skripsi atau pun yang akan menyusun skripsi.

“Harapan saya, dengan diadakanya pelatihan ini mahasiswa lebih paham aturan-aturan atau sistematika dalam penulisan skripsi” ujar Suryani dalam pemaparanya.

Dosen yang juga menjabat sebagai Kaprodi PBSI ini menambahkan bahwa mahasiswa Prodi PBSI dituntut untuk lebih menguasai kaidah penulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hal tersebut menjadi kunci utama mahasiswa Prodi PBSI yang tidak hanya semata-mata paham teorinya saja akan tetapi juga harus paham dan bisa menerapkan secara langsung.

Peserta pelatihan semakin bersemangat ketika Dr. Arini Rosa Sinensis menyampaikan materi terkait penggunaan aplikasi mendeley pada sesi kedua. Doktor muda dari Prodi Pendidikan Fisika tersebut tidak hanya menyampaikan materi tetapi peserta dituntut untuk praktik langsung dalam penggunaan aplikasi mendeley. Sebagai umpan balik, peserta diberi kesempatan untuk bertanya terkait proses instalasi, pengoperasian, penggunaan, dan kesulitan-kesulitan yang dihadapi peserta dalam penggunaan aplikasi mendeley. Doktor alumni UPI juga memberikan informasi terkait perpusatakaan online. Pemberian informasi ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa sebagai bekal mereka untuk mencari referensi-referensi secara online.

Kegiatan Mancakrida dan outbound

Diakhir pelatihan, para peserta diajak outbound. Panitia sengaja mengemas kegiatan semenarik dan se-enjoy mungkin, sehingga peserta tetap bersemangat dalam mengikuti kegiatan sampai akhir. Outbound tersebut dinamakan Mancakrida dan diikuti oleh seluruh peserta yakni mahasiswa Prodi PBSI dari semester II sampai VI serta diikuti oleh para dosen Prodi PBSI. Sebagai koordinator kegiatan outbound Yopi Novanda, M.A. dan Shakti Abdilah P., M.Pd. menyampaikan harapannya bahwa dengan adanya Mancakrida bisa membuat hubungan mahasiswa dengan para dosen terjalin baik. Perpaduan antara belajar di dalam kelas dan belajar di luar kelas selaras dengan program Merdeka Belajar bahwa proses belajar tidak hanya di ruang kelas melainkan juga di luar kelas.

Kontributor : Yopi Novanda
Editor : Romy

Leave a Reply